Pengertian dan Cara Membuat Corning Gorilla Glass serta Pentingnya bagi SmartPhone

Bagi kalian yang baru saja atau mungkin ingin beli hape baru, pastinya kalian harus tahu dengan spesifikasi handphone kalian, termasuk di dalamnya adalah kekuatan pelindung layar. Ketika Smartphone mulai populer dengan adopsi sistem operasi android secara masal oleh seluruh produsen smartphone, pentingnya pelindung layar seperti anti gores dan tempered glass sangat dibutuhkan oleh semua orang. Pasti kalian juga di tawarkan untuk memasang tempered glass dengan kekuatan Gorilla Glass, atau bahkan Gorilla Glass itu sendiri malah sudah terpasang pada layar kalian. Nah mari kita bahas mengenai Corning Gorilla Glass yang saat ini sangat ampuh dalam melindungi layar smartphone kita dari goresan.

Pengertian Corning Gorilla Glass dan Pentingnya bagi SmartPhone
foto : https://wccftech.com


Pengertian Corning Gorilla Glass

Corning Gorilla Glass sebenarnya terdiri dari kata Corning dan Gorilla Glass. Untuk Corning, adalah sebuah perusahaan spesialisasi dalam produk kaca, keramik dan teknologi advance lainnya yang berhubungan dengan optik. Lalu Gorilla Glass adalah merk dagang yang berupa lembaran kaca alkali-aluminosilikat yang di produksi oleh pabrik Corning di Amerika Serikat. Kaca Gorilla ini merupakan rekayasa dari gabungan antara ketipisan, kekuatan serta keringanan dan juga daya tahan yang bagus terhadap benturan atau goresan. 

Corning Gorilla Glass selalu melakukan peningkatan fitur kekuatan dan juga ketahanan terhadap goresan. Tercatat hingga April 2019 ini, Corning Gorilla Glass telah mencapai versi ke 6 nya, dengan nama Corning Gorilla Glass 6 dengan kemampuannya yang bisa melindungi smartphone anda ketika terjadi benturan atau jatuh. Tercatat lebih dari 200juta unit smartphone telah menggunakan kaca Gorilla Glass dari Corning Inc.

Corning Gorilla Glass 6 memang tidak di ragukan lagi untuk kekuatan dan ketahanannya, sehingga banyak Smartphone Flagship menggunakan Corning Gorilla Glass versi terbaru untuk memperkokoh fisik dan durability dari produk mereka. Sebagai contoh adalah Samsung Galaxy S10 yang baru saja launching sebulan yang lalu pada 8 Maret 2019, dimana layar depan dan casing belakang dari Samsung Galaxy S10 sepenuhnya mengadopsi teknologi Gorilla Glass 6 dari Corning. Selain Galaxy S10, Sony Xperia 1 dan LG Thin V50 juga mengadopsi teknologi Gorilla Glass 6 milik Corning ini. Masih banyak Smartphone yang mengandalkan kekuatan dari Corning Gorilla Glass, karena memang terbukti sangat kuat dan mampu melindungi Smartphone dari goresan.

Selain populer untuk Smartphone, Corning Gorilla Glass juga hadir untuk kebutuhan lain, seperti untuk jam tangan , laptop, layar televisi, monitor, dan lain sebagainya. Sejauh ini Samsung dan Motorola tercatat menjadi partner terbesar dari Corning untuk urusan perlindungan kaca. Yang menjadi pertanyaan besar adalah, Kenapa Apple tidak menggunakan Corning Gorilla Glass 5 atau 6 pada ponsel terbaru mereka di iPhone XS dan iPhone XS Max?

Pentingnya Gorilla Glass untuk Smartphone

Smartphone merupakan piranti elektronik yang selalu dibawa kemana mana oleh penggunanya, karena memang memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga keberadaan Smartphone akan selalu di butuhkan oleh penggunanya. Disini peran Gorilla Glass adalah membuat smartphone anda agar tetap mulus tanpa ada lecet apapun pada layar maupun casing anda. Jarang sekali ada orang yang tidak memperhatikan kemulusan smartphone mereka, apalagi smartphone keluaran terbaru. Biasanya seseorang menaruh smartphone mereka di saku celana di campur dengan kunci kendaraan, dan yang terjadi adalah terjadi gesekan antara kunci dan smartphone di dalam saku. Apabila pada kasus tersebut smartphone anda tidak dilindungi oleh kaca yang bagus, kemungkinan akan membuat goresan yang sangat banyak pada layar maupun casing anda. Sehingga ketika anda menggunakan smartphone, maka tangan anda tidak akan merasa nyaman.

Berikut adalah daftar Smartphone yang menggunakan Gorilla Glass dari Corning : http://www.corning.com/gorillaglass/worldwide/en/full-product-list.html

Bagaimana Gorilla Glass dibuat

Gelas tersebut terdiri dari lembaran tipis alkali-aluminosilikat. Gorilla Glass diperkuat menggunakan proses pertukaran ion yang memaksa ion besar ke dalam ruang antar molekul di permukaan kaca. Secara khusus, gelas ditempatkan dalam rendaman garam kalium dengan suhu tinggi, yaitu 400 ° C, yang memaksa ion kalium untuk menggantikan ion natrium yang semula berada di dalam gelas. Ion kalium yang lebih besar membutuhkan lebih banyak ruang di antara atom-atom lain dalam gelas. Saat gelas mendingin, atom-atom yang berderet bersama menghasilkan tingkat tekanan yang tinggi dalam kaca yang membantu melindungi permukaan dari kerusakan mekanis seperti goresan atau benturan.

Posisi Corning menurut saya sangat bagus, dimana sekarang ini banyak sekali produsen Smartphone yang berusaha mencari inovasi baru untuk mendapatkan pasar, tetapi corning akan tetap mendapatkan pasar walaupun persaingan harga dan fitur smartphone sedang sangat ketat. Corning akan tetap di butuhkan oleh Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, LG, Sony , Huawei dan merk smartphone lain ketika mereka merilis smartphone baru. Untuk persaingan , Corning harus mengalahkan Sapphire Glass dan Dragontrail utnuk bisa mendapatkan pasar yang lebih besar.

0 Response to "Pengertian dan Cara Membuat Corning Gorilla Glass serta Pentingnya bagi SmartPhone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel