Apa itu Garansi Resmi, Distributor, Toko dan Personal? Berikut penjelasannya

Garansi adalah sebuah elemen penting yang seharusnya di sertakan dari penjual kepada pembeli suatu barang. Hal ini dimaksudkan agar pembeli merasa dirinya bisa mendapatkan jaminan barang yang normal tanpa ada cacat ketika membeli produk baru terutama produk eletronik dan mesin. Seiring dengan perkembangan zaman dan juga masiv nya adopsi teknologi terutama smartphone, membuat model garansi menjadi bermacam macam yang akibatnya adalah membuat bingung banyak orang, garansi mana yang harus di pilih?

Apa itu Garansi Resmi, Distributor, Toko dan Personal? Berikut penjelasannya
foto : macpon.com

Di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai Garansi produk Smartphone yang beredar di Indonesia. Di Indonesia , hanya ada dua model garansi smartphone yang diakui oleh mayoritas, yaitu Garansi Resmi dan Garansi Distributor

Garansi Resmi

Garansi Resmi adalah sebuah jaminan yang di berikan oleh pemegang merk langsung atau bisa juga melalui distributor/mitra resmi yang bekerjasama dengan merk dagang tersebut. Garansi Resmi juga mengacu pada status peredaran barang yang resmi di negara terkait karena melalui ijin dari pemerintahan. Sebagai contoh distributor resmi ponsel Samsung di Indonesia adalah PT Samsung Electronic Indonesia, atau biasa kita sebut dengan SEIN. Adapula PT Teletama Artha Mandiri yang biasa kita sebut dengan TAM. Mitra atau distributor resmi merk ini, mendapatkan ijin untuk menjual smartphone di Indonesia secara legal dan mendapatkan jaminan langsung dari produsen.

Keunggulan dari smartphone yang bergaransi Resmi adalah mudahnya proses klaim garansi ketika di dapati bahwa kondisi smartphone yang di beli dalam kondisi cacat produksi. Jadi ketika kalian membeli ponsel Samsung dan mendapatkan garansi SEIN selama 1 tahun, maka dalam masa pemakaian tersebut selama kalian menemukan cacat produksi, sebagai contoh microphone yang tidak berfungsi, speaker yang bersuara pelan, layar yang bermasalah dan lain sebagainya yang mana bukan karena kesalahan pengguna, maka  kalian berhak untuk melakukan klaim garansi ke service center terdekat.

Jadi intinya adalah, ketika kalian membeli ponsel bergaransi resmi melalui distributor resmi, maka kalian akan selalu mendapatkan dukungan dari distributor resmi tersebut, karena mitra/distributor resmi memiliki hubungan kerja langsung dengan pemegang merk dagang atau produsen.

Daftar Mitra Resmi dengan Garansi Resmi

  • PT Teletama Artha Mandiri (TAM) – Sony, Xiaomi, Acer, LG, iPhone
  • PT Bangun Persada Tata Makmur (BPTM) - Acer
  • PT Trikomsel Oke dan Mi Exclusive Service Center – Xiaomi, Lenovo
  • Astech - Lenovo
  • PT Samsung Electronic Indonesia (SEIN) - Samsung
  • PT Datascript Indonesia - Asus
  • PT Synnex Metrodata - Asus
  • Setia Utama Distrindo (SUD) - LG
  • PT Bintang Cemerlang – Infinix, Meizu
  • PT Pelangi Mas – Infinix, Meizu
  • Microsoft Mobile – Microsoft & Nokia
  • PT Sinar Eka Selaras -iPhone
  • PT Surya Citra Media - iPhone


Garansi Distributor

Garansi Distributor adalah garansi dari pengedar ponsel independen, jadi jika ponsel mu mengalami kerusakan , kamu tidak akan bisa mendapatkan penanganan dari mitra resmi produsen smartphone terkait. Hal ini tentu akan mempersulit kamu ketika di dapati ternyata ponsel mu rusak. Kamu tidak akan bisa melakukan reparasi di Service Center resmi milik brand terkait. Dampak buruknya adalah kamu hanya bisa melakukan servis di toko kecil yang mana sparepart yang ada tidak menjamin keasliannya.

Keunggulan dari smartphone dengan garansi distributor adalah harganya yang relatif murah, karena memang garansi distributor sifatnya adalah independen sehingga tidak ada campur tangan dari orang lain untuk mendistribusikan barang.

Beberapa contoh distributor independen adalah WII, B-Cell, T Cell, The One dan Platinum

Berikut adalah perbedaan harga antara Garansi Resmi TAM dan Garansi Distributor

Apa itu Garansi Resmi, Distributor, Toko dan Personal? Berikut penjelasannya
Xiaomi POCOPHONE F1 Garansi Resmi TAM : Rp 4.699.000,-

Apa itu Garansi Resmi, Distributor, Toko dan Personal? Berikut penjelasannya
Xiaomi POCOPHONE F1 Garansi Distributor : Rp 3.700.000

Bisa kita lihat dan bandingkan, untuk POCOPHONE F1 Garansi TAM harganya adalah 4,7jt baru dan POCOPHONE F1 Garansi Distributor menjualnya dengan harga 3,7jt . Selisih harga 1jt atau sekitar 21% . Sangat fantastis bukan?

*Harga di ambil dari Tokopedia dengan mengurutkan berdasarkan ulasan pada tanggal 11 April 2019


Garansi Toko

Ini berbeda dengan garansi resmi dan juga garansi distributor. Untuk garansi toko, biasanya diberikan kepada pembeli barang secondhand yang mana toko menjamin bahwa barang yang dijual adalah sesuai dengan deskripsi yang tercantum. Dan apabila terjadi perbedaan antara deskripsi dengan kenyataan yang merugikan pembeli, maka pembeli bisa mengembalikan unit ke toko terkait. Garansi toko ini bersifat sangat rawan, karena kita tahu sendiri bahwa lokasi toko atau konter biasanya berpindah pindah sesuai dengan kontrak penggunaan bangunan yang berlaku. Hal ini tentu saja mempersulit kita dalam melakukan klaim garansi.

Sebagai contoh anda membeli Xiaomi Redmi Note 7 second dari sebuah toko konter. Penjual mengatakan bahwa minus dari ponsel adalah tidak bisa membaca kartu SD, lalu ketika anda gunakan selama masa garansi , misal seminggu dan anda menemukan minus lainnya, sebagai contoh kamera tidak bisa digunakan, maka anda bisa mengembalikan unit Redmi Note 7 tersebut ke konter yang bersangkutan.

Garansi Personal

Garansi Personal biasanya hanya berlaku bagi orang yang menjual dari individu ke individu atau bisa disebut dengan COD. Banyak pengguna facebook yang menjual ponsel mereka melalui grup jual beli dan biasanya penjual memberika garansi personal berkisar antara 1 hari hingga 3 hari dengan melampirkan alamat sesuai tanda pengenal KTP atau SIM.
Garansi Personal ini hanyalah rekayasa dari pasar saja, dan setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda beda

Garansi Mana terbaik?

Setelah mengetahui penjelasan diatas, tentu saja model Garansi yang terbaik adalah Garansi Resmi, dimana kita selaku pengguna akan tetap mendapatkan dukungan service center resmi untuk memperbaiki unit ponsel kita ketika terjadi kerusakan pada komponen tertentu. Dan sparepart yang disediakan juga merupakan sparepart original yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Walaupun harga dari Garansi Resmi lebih mahal sedikit, tetapi itu lebih baik daripada anda membeli ponsel dengan garansi distributor dan mengalami kerusakan, nasib anda akan sangat tidak beruntung.
Komen di bawah pendapat anda mengenai garansi di Indonesia ini!!

0 Response to "Apa itu Garansi Resmi, Distributor, Toko dan Personal? Berikut penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel